SEJARAH JAM CASIO G-SHOCK


THE HISTORY OF G-SHOCK





Mr. Kikuo Ibe, the inventor of G-Shock @ Shock The World Tour Jakarta 2010

Dengan diluncurkannya jam tangan pertama pada tahun 1974, Casio memasuki pasar jam tangan saat industri jam tangan baru saja menemukan teknologi digital, sebagai perusahaan dengan teknologi elektronika canggih yang dikembangkan untuk kalkulator, Casio memasuki pasar dengan penuh kepercayaan bahwa jam tangannya akan memimpin pasaran.

Dalam mengembangkan jam tangannya Casio memulai dengan pertanyaan mendasar, “Apakah jam tangan itu?”, daripada hanya membuat versi digital dari jam tangan mekanik, Casio merasa bahwa jam tangan ideal haruslah jam tangan yang mampu menunjukkan waktu secara konsisten. Berdasarkan hal tersebut Casio mampu menciptakan jam tangan yang mampu menunjukkan secara akurat mulai dari detik, menit, jam, hari, dan bulan. Dan pada tahun 1974 Casio meluncurkan CASIOTRON, jam tangan digital pertama di dunia dengan kalender otomatis.



1974 casiotron


G-SHOCK adalah jam tangan yang sangat tangguh, lahir dari mimpi para insinyur Casio tentang “jam tangan yang tidak akan pernah rusak”, dengan konsep pengembangan “Triple 10”, tim desain mencari desain jam tangan yang tahan dijatuhkan dari ketinggian 10 meter, tahan air sampai kedalaman 10 bar (100 meter) dan daya tahan baterai 10 tahun.

Jumlah prototype yang dibuat untuk pengujian daya tahan mencapai 200 buah. Dan perlu 2 tahun untuk terus mengembangkan desain dan meningkatkan kualitas. Setelah proses uji coba yang panjang dan sulit, akhirnya G-SHOCK diluncurkan.



DW-5000C-1A, G-Shock pertama yg diluncurkan pada bulan April 1983

Quote:
Pada tahun 1983, Casio meluncurkan jam tangan tahan banting, G-SHOCK. Jam tangan ini menghancurkan pendapat bahwa jam tangan adalah bagian paling rapuh dari perhiasan yang harus ditangani secara hati-hati, jam tangan ini merupakan jawaban dari tantangan yang diambil oleh insinyur Casio untuk menciptakan jam tangan paling tangguh di dunia. Menggunakan 3 lapis perlindungan untuk onderdil, module, dan case, G-SHOCK menawarkan jenis jam tangan baru yang radikal yang tidak terpengaruh oleh benturan ataupun getaran. Dengan mudah jam tangan baru ini menjadi sangat populer yang menghasilkan ledakan penjualan besar-besaran pada awal tahun 90an. Dalam perkembangannya G-SHOCK menanampak berbagai jenis sensor baru, baterai tenaga matahari, teknologi radio control untuk akurasi waktu, dan material baru untuk meningkatkan daya tahan jam tangan. Dengan penggunaan teknologi baru secara terus menerus G-SHOCK menjadi produk andalan Casio untuk jam tangan.

3 komentar

Cinta Bella 30 Agustus 2012 05.40

salam dari casio http://merekcasio.blogspot.com blog tunggal satu satunya di indonesia resmi hasil karya bangsa sendiri dari departemen marketing yaitu marketing premium casio di pt kasindo graha kencana

Vido Pangestu 20 Mei 2014 23.52

cara bedain jam tangan pria original dg yg KW kaya gimana gan?

Danar Ramadan 18 Juni 2015 23.18

Casio memang terbukti paling awet, saya punya sudah hampir 5 tahun

Poskan Komentar